KEUTAMAAN SHOLAT BERJAMAAH

Pengertian

Sholat berjamaah adalah sholat yang dilakukan bersama-sama oleh beberapa individu, minimal dua orang yang terdiri dari seorang imam sebagai pemimpin sholat dan makmum sebagai orang yang mengikuti gerakan iman dan tidak diperbolehkan unuk mendahuluinya setiap gerakannya.

Allah SWT berfirman :

وَإِذَا كُنْتَ فِيهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلَاةَ فَلْتَقُمْ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ مَعَكَ وَلْيَأْخُذُوا أَسْلِحَتَهُمْ فَإِذَا سَجَدُوا فَلْيَكُونُوا مِنْ وَرَائِكُمْ وَلْتَأْتِ طَائِفَةٌ أُخْرَى لَمْ يُصَلُّوا فَلْيُصَلُّوا مَعَكَ وَلْيَأْخُذُوا حِذْرَهُمْ وَأَسْلِحَتَهُمْ وَدَّ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْ تَغْفُلُونَ عَنْ أَسْلِحَتِكُمْ وَأَمْتِعَتِكُمْ فَيَمِيلُونَ عَلَيْكُمْ مَيْلَةً وَاحِدَةً وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِنْ كَانَ بِكُمْ أَذًى مِنْ مَطَرٍ أَوْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَنْ تَضَعُوا أَسْلِحَتَكُمْ وَخُذُوا حِذْرَكُمْ إِنَّ اللَّهَ أَعَدَّ لِلْكَافِرِينَ عَذَابًا مُهِينًا

“Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan salat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (salat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang salat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. Orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap-siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu. (QS. An- Nisa’ ayat 102)

Hukum Sholat Berjama’ah

Hukum sholat berjamaah dapat berbeda-beda menurut pandangan mazhab atau ulama-ulama tertentu. Berikut adalah beberapa pendapat umum mengenai hukum sholat berjamaah dalam beberapa mahzab:

  1. Fardhu kifayah: Menurut beberapa ulama dari mazhab Syafi'i dan Maliki, sholat berjamaah adalah fardhu kifayah, yang artinya cukup jika sebagian masyarakat menjalankannya, dan yang lainnya tidak diwajibkan.

  2. Sunnah Muakkad: Beberapa ulama lain, termasuk beberapa dari mazhab Syafi'i dan Maliki, menganggap sholat berjamaah sebagai sunnah muakkad, yang sangat dianjurkan untuk dijalankan, tetapi bukan wajib.

  3. Wajib: Mazhab Hanafi menganggap sholat berjamaah sebagai wajib, yang artinya dianjurkan untuk dijalankan secara rutin, tetapi sholat sendiri juga dianggap sah.

  4. Fardhu Ain: Menurut mazhab Hambali, sholat berjamaah adalah fardhu ain bagi setiap muslim laki-laki yang telah baligh. Meninggalkannya dapat mengakibatkan dosa.

Keutamaan Sholat Berjamaah

  1. Dilipatgandakan Pahalanya

Rosulullah SAW bersabda :

صلاة الجماعة أفضل من صلاة الفذ بسبع وعشرين درجة

“Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Terhindar Dari Gangguan Syaitan

Hal ini sesuai dengan sabda Rosulullah SAW :

مَا مِنْ ثَلَاثَةٍ فِي قَرْيَةٍ وَلَا بَدْوٍ لَا تُقَامُ فِيهِمْ الصَّلَاةُ إِلَّا قَدْ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمْ الشَّيْطَانُ فَعَلَيْكَ بِالْجَمَاعَةِ فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ

“Tidaklah tiga orang di suatu desa atau lembah yang tidak didirikan shalat berjamaah di lingkungan mereka, melainkan setan telah menguasai mereka. Karena itu tetaplah kalian (shalat) berjamaah, karena sesungguhnya srigala itu hanya akan menerkam kambing yang sendirian (jauh dari kawan-kawannya).” (HR. Abu Daud dan  An-Nasai)

 

  1. Mendapat Jamuan Di Surga

Rosulullah SAW bersabda:

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ وَرَاحَ ، أَعَدَّ اللهُ لَهُ نُزُلَهُ مِنَ الْجَنَّةِ كُلَّمَا غَدَا أَوْ رَاحَ

Artinya: "Barangsiapa yang beranjak ke masjid dan pergi setelah matahari condong ke barat, maka Allah SWT akan siapkan baginya jamuan dari surga tiap kali pergi." (HR Bukhari)

  1.  Ditinggikan Derajatnya

Rasulullah SAW bersabda:

 مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ، كَانَتْ خَطْوَنَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحْطُ خَطِيئَةً، وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

Artinya: "Barangsiapa yang bersuci di rumahnya, lalu ia pergi ke rumah Allah (tempat sholat) untuk melaksanakan sholat wajibnya, maka tiap langkahnya salah satunya menghapus dosa dan satunya lagi mengangkat derajat." (HR Muslim)

  1.  Mendapat Jamuan Di Surga
    Rasulullah SAW bersabda:

 مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ وَرَاحَ ، أَعَدَّ اللهُ لَهُ نُزُلَهُ مِنَ الْجَنَّةِ كُلَّمَا غَدَا أَوْ رَاحَ

Artinya: "Barangsiapa yang beranjak ke masjid dan pergi setelah matahari condong ke barat, maka Allah SWT akan siapkan baginya jamuan dari surga tiap kali pergi." (HR Bukhari)

  1. Dibebaskan Dari Neraka dan Sifat Munafik

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى لِلَّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا فِي جَمَاعَةٍ، يُدْرِكُ التَّكْبِيرَةَ الْأُولَى كُتِبَ لَهُ بَرَاءَتَانِ: بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ، وَبَرَاءَةٌ مِنَ النَّفَاقِ

Artinya: "Barangsiapa yang sholat berjamaah selama empat puluh hari dengan mendapat takbiratul pertama, maka dituliskan baginya: Dibebaskan dari neraka dan dibebaskan dari sifat munafik." (HR Tirmidzi)

  1. Setara Pahala Sholat Malam

Rasulullah SAW bersabda:

 مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ، فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ، وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ، فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

Artinya: "Barangsiapa yang sholat Isya dengan berjamaah maka pahalanya seperti sholat setengah malam dan barangsiapa yang sholat Subuh dengan berjamaah maka pahalanya seperti sholat semalam penuh." (HR Muslim)

Kesimpulan

Sholat berjamaah adalah praktik penting dalam Islam yang mendatangkan berbagai keutamaan dan pahala. Sholat berjamaah tidak hanya memperkuat hubungan dengan Allah SWT, tetapi juga mempererat hubungan antara sesama muslim dalam komunitas. Oleh karena itu, mari kita terus berupaya untuk melaksanakan sholat berjamaah dengan konsisten, sekaligus meraih manfaat spiritual dan sosial yang besar dari praktik ini. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya sholat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai muslim. Terima kasih atas perhatiannya, dan mari kita terus berusaha meningkatkan kualitas ibadah kita demi mendekatkan diri kepada Allah SWT.



0 Comments