Memahami Arti Sedekah Subuh

Pengertian Sedekah Subuh

Sedekah Subuh dalam Islam merupakan salah satu amalan baik yang dilakukan di pagi hari, terutama setelah sholat Subuh. Subuh Sedekah  memberikan sebagian harta atau pertolongan kepada orang yang berhak atasnya, seperti fakir miskin, yatim piatu, dhuafa dll. Bersedekah di waktu subuh merupakan salah satu bentuk ibadah sosial yang sangat dianjurkan dalam Islam. 

 كُلُّ مَعْرُوفٍ صَدَقَةٌ 

Setiap perbuatan baik adalah sedekah. (HR. Bukhari). Dalam Al-Qur'an, zakat juga disebut sedekah. Misalnya dalam Surat At Taubah ayat 60. Oleh karena itu, zakat merupakan sedekah yang wajib. Namun jika disebutkan secara umum, sedekah adalah infaq sunnah. Yaitu pemberian sukarela kepada orang lain yang jumlahnya tidak ada batasan yang pasti. Jadi, bersedekah di waktu fajar adalah membelanjakan hartanya di jalan Allah atau membagikannya kepada fakir miskin dari fajar hingga matahari terbit. Bahkan sebelum Subuh  termasuk dalam pengertian ini. Saat Nabi bertanya kepada para sahabatnya yang bersedekah setelah shalat Subuh, Abu Bakar mengangkat tangannya. Sahabat terdekat Nabi memberi sedekah sebelum Subuh.

Niat memberi sedekah subuh

Niat  melakukan Amal Pagi harus ikhlas hanya karena Allah SWT. Berusahalah dalam hati untuk membantu orang lain yang membutuhkan, dapatkan ridha-Nya dan ikuti teladan Nabi SAW dalam membelanjakan dan bersedekah.  Tata cara memberikan sedekah pagi 

Berikut  tata cara membuat sedekah pagi: 

  • Persiapan Mental dan Niat : Sebelum melakukan amal pagi, persiapkan diri dengan membersihkan hati dan berpikir dalam hati untuk beramal pagi itu.

  • Menentukan ukuran amal: Menentukan ukuran harta atau bantuan untuk diberikan kepada amal. Ingatlah bahwa itu tidak harus besar, yang terpenting adalah kejujuran dan ketulusan.

  • Memilih pengemis : Memilih penerima sedekah yang benar-benar membutuhkan dan layak menerima, seperti fakir miskin, anak yatim atau debitur.

  • Meminjamkan sedekah: Jika sedekah berupa uang, siapkan uangnya dan masukkan ke dalam amplop atau wadah yang bersih.

  • Sedekah : Setelah melaksanakan shalat Subuh, bacalah doa atau dzikir sebagai persiapan. Kemudian bersedekah dengan tangan kanan dan sebaiknya secara diam-diam atau sembunyi-sembunyi untuk mendapatkan pahala penuh dari Allah SWT.  Doa setelah memberi sedekah: Setelah memberi sedekah, bacalah doa agar Allah menerima amal baik dan bermanfaat bagi penerima sedekah.

Kelebihan dan manfaat Sedekah Subuh :

Sedekah pagi memiliki banyak kelebihan dan manfaat dalam  Islam, diantaranya: 

  1. Mendekatkan diri kepada Allah: Bersedekah di pagi hari merupakan bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah dan menunjukkan rasa syukur atas nikmat-Nya. 

  2. Pahala  Ganda: Setiap amal kebaikan memiliki pahala  ganda, termasuk amal pagi. Nabi SAW bersabda: “Sedekah dapat memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi) 

  3. Perlindungan dari kejahatan: Memberi sedekah di pagi hari bisa menjadi jaminan perlindungan dari kejahatan dan hukuman dari Tuhan. Menghapus kegelapan dari hati: Dengan memberikan sedekah yang tulus, cahaya muncul dari hati  dan terbebas dari kegelapan dosa. Memberantas Kemiskinan: Sedakah Subuh adalah salah satu cara untuk mengurangi kemiskinan dan membantu mereka yang membutuhkan.  Membuka Pintu Rezeki : Allah SWT mengizinkan apa yang diberikan dalam bentuk sedekah diganti dengan sarana rezeki yang lebih baik. (QS. Al-Baqarah [2]: 261) 

  4. Memberi rasa bahagia: Sedekah pagi membawa kebahagiaan bagi penerima sedekah dan meningkatkan rasa cinta antar sesama manusia. 

Argumen untuk mendukung amal pagi 

  • “Dan apa saja yang kamu belanjakan (harta), Allah akan menggantinya, dan Dia sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS. Ekor [34]: 39) 

  • “Barangsiapa yang makan sahur untuk orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang sama dengan orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa.” (HR. Tirmidzi) 

  • Nabi SAW bersabda: “Hindarilah api neraka, meskipun hanya sedekah setengah kurma.” (HR.Bukhari)

 Kesimpulan 

Sedekah pagi merupakan amalan yang baik dalam  Islam yang dilakukan pada  pagi hari setelah shalat Subuh. Melakukan Sedakah Subuh membawa banyak keuntungan dan manfaat seperti mendekatkan diri kepada Tuhan, menerima pahala yang berlipat, perlindungan dari kejahatan dan membantu  yang membutuhkan. Dukungan dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Hadits Nabi semakin menguatkan pentingnya sedekah pagi sebagai bagian dari ibadah dan sedekah Islam. Semoga kita selalu mendapat kesempatan dan kesempatan untuk berbuat kebaikan dan bersedekah dengan  ikhlas dan ikhlas hanya kepada Allah SWT. Amin




0 Comments