Memahami Konsep Serta Makna Beramal dalam bentuk Infaq dan Sedekah

Salah satu upaya dari umat muslim untuk meningkatkan hablum minallah dan hablum minannas adalah beramal. Selain memiliki tujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah S.W.T, beramal juga memiliki manfaat untuk menjalin hubungan baik dengan sesama manusia dengan menunjukkan kepedulian terhadap yang membutuhkan. Beramal dalam islam dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, diantaranya adalah infaq dan sedekah.

Kata infaq dan sedekah sering digunakan dalam konteks beramal. Pada dasarnya, infaq dan sedekah memiliki konsep dan makna yang berbeda. Infaq berasal dari bahasa arab “anfaqo-yunfiqu” yang artinya membelanjakan atau membiayai. Infaq merupakan bentuk ibadah kepada Allah S.W.T dengan mengeluarkan sebagian penghasilan maupun harta dalam bentuk lainnya.

Sedekah berasal dari bahasa arab yaitu “shadaqah”, kata “sidq” (sidiq) yang berarti kebenaran. Sedekah adalah salah satu bentuk amal yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada pihak yang membutuhkan dalam wujud harta, tenaga, maupun ilmu. Sedekah dapat dilakukan dalam bentuk apapun selain harta benda.

Pada konsepnya, infaq lebih mengarah pada amal yang berasal dari penyisihan sebagian harta maupun benda yang dimiliki. Sedangkan sedekah, mengarah pada amal yang asalnya bukan hanya dari harta. Sedekah dapat diberikan dalam bentuk tenaga, ilmu, bahkan dukungan moral yang mana hal tersebut tidak membutuhkan biaya. Perlu ditekankan bahwa yang terpenting dari keduanya adalah nilai keikhlasan di dalamnya. Baik infaq maupun sedekah memiliki tujuan yang sama yaitu memperoleh ridha, meningkatkan ketaqwaan kepada Allah S.W.T serta memupuk empati terhadap sesama manusia.

Kini, Lazis.id hadir sebagai platform digital yang memberi wadah bagi seluruh elemen dari PT. Syncore Indonesia dan PT. Merapi Visitama Indonesia untuk berinfaq dan bersedekah.  Melalui Qris Lazis.id dan rekening Bank Syariah Indonesia, dana amal dapat terhimpun dengan efektif. Sebagai bentuk tanggung jawab dan transparansi, pengelolaan dana amal setiap bulannya dilaporkan dalam bentuk akumulasi dana terkumpul dan dana tersalurkan di website resmi lazis.id.

0 Comments